Impotensi dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah kondisi ketika alat kelamin pria (penis) tidak mampu ereksi atau sulit bertahan di posisi ereksi. Impotensi merupakan masalah seksual yang cukup umum di kalangan pria. Sebagian besar kasus tersebut dialami oleh pria yang telah berumur 40 tahun ke atas.

Impotensi dan Cara Mengatasinya

Gagalnya seorang pria dalam memulai atau mempertahankan ereksi bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya, depresi, serangan cemas, hubungan yang kurang harmonis dengan pasangan, gangguan hormon, penyempitan pembuluh darah menuju penis, dan luka/cedera pada penis.

Selain hal-hal tersebut, impotensi juga bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan (obat pereda nyeri, obat hipertensi, antihistamin, antidepresan), konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan, dan penggunaan obat-obatan terlarang.

Impotensi dan Cara Mengatasinya

Jika impotensi disebabkan oleh efek samping obat-obatan yang sedang Anda konsumsi, maka sebaiknya temui dokter Anda kembali untuk dikaji lebih lanjut apakah obat tersebut harus tetap dikonsumsi atau dicari alternatifnya.

Agar penanganan impotensi berhasil, sebaiknya ditunjang juga dengan penerapan pola hidup sehat, seperti:

  1. Berusaha mencegah atau mengurangi stres.
  2. Berusaha menurunkan berat badan jika mengalami obesitas.
  3. Berolahraga secara teratur.
  4. Mengonsumsi makanan sehat.
  5. Tidak merokok atau berhenti merokok.
  6. Tidak mengonsumsi minuman keras secara berlebihan.
  7. Tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

Ada jenis senam khusus yang biasanya disarankan bagi mereka yang mengalami disfungsi ereksi akibat bocornya pembuluh darah, yaitu senam Kegel. Senam ini bertujuan memperkuat otot-otot panggul dengan cara melatih kontraksi serta relaksasi otot-otot tersebut sehingga pria yang melakukan senam ini mampu mencapai ereksi tanpa pengobatan tambahan. Senam ini juga kerap dianjurkan bagi mereka yang mengalami inkontinensia urine atau ketidakmampuan tubuh dalam mengendalikan pembuangan air urine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *