Pengobatan Disfungsi Seksual

Diposting pada

Disfungsi seksual adalah masalah yang menghalangi seseorang  memiliki hasrat seksual atau  mendapat kepuasan dalam kegiatan seksual. Kondisi ini dapat menimpa  wanita maupun pria, dan risikonya semakin tinggi seiring  pertambahan usia.

Pengobatan Disfungsi Seksual

Disfungsi seksual pada wanita meliputi masalah dalam respon seksual, orgasme dan rasa nyeri  saat berhubungan seksual.   Sedangkan masalah seksual pada pria menyangkut disfungsi ereksi atau impotensi, gangguan ejakulasi, dan kehilangan gairah seksual. Disfungsi seksual sendiri bukanlah suatu hal yang jarang terjadi, di mana 43 persen wanita dan 31 persen pria setidaknya pernah merasakan gangguan atau kesulitan dalam aktivitas seksual mereka.

Pengobatan Disfungsi Seksual

Dokter juga dapat merujuk pasien ke dokter lain, seperti dokter spesialis urologi, endokrinologi, neurologi, terapis seksual dan terapis lain guna mendapatkan diagnosis dan pilihan pengobatan yang paling tepat.
Pengobatan disfungsi seksual bertujuan mengatasi masalah utama yang menyebabkan gangguan ini. Pengobatan tersebut meliputi:

  • Pengobatan medis untuk menangani masalah fisik. Bagi penderita suatu penyakit, dokter dapat menyesuaikan atau mengganti obat yang memiliki efek seksual tertentu. Obat flibanserin diberikan pada wanita pramenopause yang memiliki hasrat seksual rendah.
  • Sedangkan obat tadalafil, sildenafil, atau vardenafil dapat meningkatkan fungsi seksual pria dengan meningkatkan aliran darah ke penis. Untuk masalah ejakulasi dini, dokter dapat memberi obat promescent. Obat semprot topikal ini mengandung lidocaine yang bertujuan mengurangi sensitivitas agar ejakulasi lebih terkendali.
  • Pengobatan yang berkaitan dengan masalah hormon. Bagi wanita dengan kadar estrogen rendah, terapi estrogen dapat diberikan guna membantu elastisitas vagina dengan meningkatkan aliran darah dan pelumas pada vagina. Terapi ini dapat diberikan dalam bentuk cincin vagina, krim, atau tablet Sedangkan bagi pria dengan kadar testosteron rendah, dokter dapat memberi suplemen hormon atau terapi pengganti testosteron.
  • Terapi psikologi. Terapi ini dilakukan oleh konselor terlatih untuk membantu seseorang mengatasi kecemasan, rasa takut atau perasaan bersalah yang berdampak pada fungsi seksual. Selain itu, pemahaman tentang seks dan tingkah laku seksual juga perlu dimiliki penderita agar kegelisahan tentang kemampuan seksualnya dapat teratasi. Salah satu caranya adalah berbicara secara terbuka pada pasangan tentang kebutuhan dan kegelisahan pada dirinya guna menghilangkan hambatan dalam kehidupan seks.
  • Selain pengobatan tersebut, beberapa alat bantu seperti alat pompa (vakum) dan vibrator dapat membantu seseorang dalam penanganan masalah seksual. Sedangkan untuk membantu pria dengan gangguan ereksi, pilihan operasi implan penis dapat dipertimbangkan.

Guna meningkatkan kehidupan seksual Anda, tingkatkan kepercayaan diri dan temukan cara agar bisa nyaman dengan seksualitas Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa menerima bentuk fisik Anda. Itu semua bisa dicapai dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga guna meningkatkan kebugaran dan suasana hati, meluangkan waktu untuk bersantai guna meredakan stres, menghindari konsumsi alkohol, serta menghentikan kebiasaan merokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *